Selasa, 12 April 2016

anotasi buku tentang sejarah sebagai peristiwa



ANOTASI BUKU
Sejarah sebagai Peristiwa
Dosen Pengampu: Sulaeman S.Pd



  
Disusun Oleh :
Montian Nonthong                 (1501075017)
Nunu Tresna Wardah              (1501075019)
Qurotul Ayun                         (1501075023)






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
2015

Judul               : Pengantar Ilmu Sosial
Pengarang       : Dr. Rudy Gunawan,M.Pd.
Penerbit           : Uhamka press pertama, September 2011
Edisi                : Cetakan, uhamka press
Tahun terbit     : tahun 2011

Dalam buku ini pada halaman 98 membahas tentang sejarah sebagai peristiwa pokok pikiran Dr.Rudy Gunawan,M.Pd. (2011: 98-99 ) yang isisnya sejarah sebagai peristiwa adalah peristiwa sejarah yang terjadi merupakan sebuah perubahan dalam kehidupan. Hal ini disebabkan karena sejarah pada hakekatnya adalah sebuah perubahan dalam kehidupan manusia. Selain itu, sejraah mempelajari aktivitas manusia dalam konteks waktu. Perubahan tersebut dapat meliputi berbagai aspek kehidupan seperti politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

Komentar :
Kami setuju dengan isi buku itu karena pada hakikatnya peristiwa itu mempunyai arti penting dalam kehidupan karena hal itu dapat merubah kehidupan masa kini maupun masa depan terutama dalam pemerintahan. Hal ini di karenakan dapat mengubah segala aspek kehidupan dengan pemikiran yang bercermin ke peristiwa itu dan berpandangan untuk merencanakan sesuatu lebih baik lagi.

Recommended :
hal ini di tujukan untuk para pejabat yang bekerja di pemerintahan untuk mewujudkan keinginan bangsa dengan bercermin dengan peristiwa yang penting sehingga tak akan terulang lagi kejadian ataupun peristiwa itu lagi. Seperti halnya pada tahun 1998 terjadinya kerisis ekonomi yang mengakibatkan kericuhan dimasyarakat.Hal ini dapat terjadi kembali apabila mereka tidak mengkaji kembali akan peristiwa itu karena saat ini pun banyak masyarakat  yang merasa tidak tentram dan Sejahtera akibat merosotnya perekonomian di Indonesia.

Judul               : TEACHING OF HISTORY
Pengarang       : S.K KOCHHAR
Penerbit           : Penerbitan PT Grasindo, jakrta, 2008
Edisi                :  cetakan pertama, PT Grasindo
Tahun terbit     : Tahun 2008

Dalam buku ini pada halaman 5 membahas tentang sejarah sebagai peristiwa pokok pikiran S.K Kochhar ( 2008 : 4-5 ) yang isinya sejarah merupakan dialog antara peristiwa masa lampau dan perkembangan ke masa depan. Interpretasi terhadap masa lampau yang dilalukan sejarawan, sleksinya terhadap peristiwa yang signifkan dan relevan, membuka kesadaran akan tumbuhnya tujuan-tujuan baru ke masa depan.

Komentar :
Kami setuju dengan isi buku ini, memang benar didalam sejarah dapat dikatakan sejarah sebagai peristiwa harus berdasarkan kenyataan yang benar-benar terjadi dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya melalui sumber-sumber terpercaya.

Recommended :
Ditujukan kepada para penulis sejarah terutama menyangkut peristiwa-peristiwa penting. hal itu harus berdasarkan fakta yang ada dan logis, tidak adanya fiksi atau imanjinasi penulis terhadap peristiwa yang ia tulis.




Judul                             : Pengantar Ilmu Sejarah
Pengarang                     : Kuntowijoyo
Penerbit                        : Yogyakarta, : penerbit ombak 2011
Edisi                             : cetakan pertama : Ryan intermedia 2011
Tahun penerbit             : Tahun 2011

Dalam buku ini pada halaman 10 membahas tentang sejarah sebagai peristiwa pokok pikiran kuntowijoyo (2005 : 10-11) yang isinya peristiwa masa lalu itu sangat luas. Terjadinya alam semsta memang sudah berlalu, tetapi itu menjadi objek penelitian astronomi, bukan sejarah. Demikian pula pergeseran-pergesaran bumi di masa lalu merupakan perkerjaan geologi dan bukan sejarah. Jadi, sejarah hanya bercerita tentang manusia akan tetapi, juga bukan cerita tentang masa lalu menusia secara keseluruhan. Manusia yang berupa fosil menjadi objek penelitian antropologi ragawi dan bukan sejarah.

Komentar :
karena pada hakekatnya adalah definisi sejarah itu sangat luas seperti yang dikatakan oleh Johnson “bahwa sejarah dalam pengertinya yang paling luas, adalah segala sesuatu yang pernah terjadi” sejarah dalam arti yang diterima secara umum adalah sejarah tentang manusia. Materi dipelajari adalah jejak-jejak yang ditinggalkan oleh keberadaan manusia didunia, gagasan, tradisi dan lembaga.

Recommended : 
Ditujukan kepada masyarakat agar mereka tahu bahwa sejarah bukan menjelaskan seluruh aspek kehidupan manusia.









                                                                                                                
Judul                           : Dibalik Tragedi 1965
Pengarang                   : Sulastomo
Penerbit                       : Yayasan pustaka ummat,januari 2006
Edisi                            : Cetakan pertama : PT pustaka umat
Tahun penerbit            : Tahun 2006


Dalam buku ini pada halaman 75 membahas sejarah sebagai peristiwa  pokok pemikiran sulastomo ( 2006 ; 74-75 ) bahwa seluruh rangkaian persitiwa itu adalah sebuah kudeta pak harto terhadap bung karno. Teori ini berdasarkan realita, bahwa akhir dari semua peristiwa itu adalah jatuhnya bung karno dan munculnya pak harto sebagai presiden kedua republik Indonesia. Teori ini banayak dipercayai sebagai teori yang benar, oleh kalangan yang dekat dengan bung karno dan juga oleh kalangan eks-tahanan politik G30S. teori ini percaya, bahwa pak harto sudah tahu atau sudah diberitahu oleh Kol.Latief, salah satu penggerak G30-S, hanaya beberapa jam sebelum G30-S berlangsung namun membiarkan persitiwa itu terus berlanjut.

Komentar :  
Karena sejarah sebagai peristiwa disebabkan oleh aspek politik, sosial dan budaya.dan bersifat abadi tidak mungkin suatu peristiwa itu akan terulang kembali dengan waktu hari yang sama sebab sejarah dapat disebut sebagai peristiwa apabila mempunyai unsur real happen, fact dan objectiv

Recommended :
Ini pantas untuk kajian study pembelajaran sejarah diperguruan tinggi agar tidak mengajarkan ilmu dongen yang tidak ada kenyataan atau biasa disebut mitos karena dari guru sejarah yang baik akan melahirkan kader – kader yang baik juga.







Judul               : Pengantar Ilmu Sosial
Pengarang       : Dr. Rudy Gunawan,M.Pd.
Penerbit           : Uhamka press pertama, September 2011
Edisi                : Cetakan, uhamka press
Tahun terbit     : Tahun 2011

Dalam buku ini pada halaman 98 membahas tentang sejarah sebagai peristiwa pokok pikiran Dr.Rudy Gunawan,M.Pd. (2011: 98-99 ) sebuah peristiwa dapat dikatakan sebagai sejarah. Karena adanya hubungan sebab-akibat dari peristiwa tersebut. Adanya hubungan sebab akibat baik karena faktor dari dalam maupun dari luar peristiwa tersebut. Penyebab adalah hal yang menyebabkan peristiwa tersebut terjadi.

Komentar :
Karena suatu peristiwa tersebut selalu berhubungan dengan kehidupan manusia baik sebagai individu maupun kelompok dan dalam kehiduoan pasti akan muculnya masalah karena adanya interaksi, dengan interaksi setiap orang akan mempunyai pemikiran dan pandangan yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya peristiwa yang dapat menyebabkan dijadikannya sejarah sebagai peristiwa.

Recommended :
Untuk masyarakat luas agar lebih paham apa sejarah sebagai peristiwa dari segi ciri-ciri aspek dll.















Judul               : Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah
Pengarang       : Sartono Kartodirdjo
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta 1992
Edisi                : Cetakan, pertama
Tahun terbit     : Tahun 1992

Dalam buku ini pada halaman 1 membahas tentang sebagai peristiwa pokok pikiran Sartono Kartodirdjo (1992 : 1-3) yang isinyabertolak dari pengertian sejarah sebagai cerita atau narrative tentang peristiwa di masa lampau, yang kecuali mengungkapkan fakta mengenai apa, siapa, kapan, dan dimana, juga menerangkan bagaimana sesuatu telah terjadi, sebenarnya penyusunan cerita itu dapat dilakukan tanpa menggunakan teori dan metodologi.

Komentar :
Saya setuju denga pernyataan dalam buku itu karena peristiwa dalam sejarah pasti berasal dari fakta yang dapat teruji kepastiannya dengan bukti yang dapat terpercaya. Hal ini sangat bertentangan dengan hal yang bersifat fiksi ataupun imajinasi dalam menyatakan sebuah peristiwa.

Recomended :
Diperuntukan bagi mahasiswa yang belum tahu bahwa sejarah itu harus berdasarkan fakta dan mempunyai bukti yang benar-benar pernah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar